Cara Membuat CV yang Formal dan Dilirik oleh HRD [2020]
Tips Sukses Lamar Kerja dengan CV / Resume
Mencari pekerjaan , beasiswa tentu tidak asing dengan kata CV maupun resume.
Banyak masyarakat masih belum paham betul apa itu perbedaan CV / Resume dan cara membuatnya dengan baik yang benar.
Hanya kesalahan sepele seperti tidak mampu mengkomunikasikan kemampuan kita dengan baik kepada HRD / Evaluation Commitee padahal kita seharusnya 'layak' untuk diterima bisa berujung terhadap penolakan.
Lalu apa sih cara membuat CV yang baik dan benar menurut seorang Co Founder?
Simak penjelasan berikut ya..
Definisi CV dan Resume
- CV adalah dokumen riwayat hidup yang detail dan mendalam yang menceritakan perjalanan hidup dari waktu ke waktu seperti data diri, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian yang dimiliki, prestasi yang diraih dan lain-lain yang ditulis secara statis (chronological) .
- Resume adalah dokumen singkat yang menjelaskan tentang pribadi seseorang sesuai dengan kebutuhan
Perbedaan CV dan Resume
CV
- Biasanya terdiri lebih dari 2 halaman
- Menceritakan riwayat hidup
- Lebih detail dan komprehensif
- Berurutan dalam penulisan (kronologis dari awal hingga akhir)
- Cocok dalam konteks akademis
Resume
- 1-2 halaman
- Menyesuaikan bagian yang dilamar
- Dapat di kostumisasi
- Dinamis (tidak kronologis)
- Cocok dalam konteks kerja, daftar beasiswa, dan kesempatan tertentu
Nahhh, setelah sebelum anda membuat CV, hendaknya kalian :
Pahami diri Anda Sendiri, dengan cara :
- Apa saja pengalaman kalian di bidang tersebut, kenalilah kelebihan dan kekurangan kalian.
- Kenalilah apa itu hobi dan minat kalian
- Pencapain yang pernah dilakukan sesuai dengan bidang yang dituju
Lakukan Riset Tujuan Lamaran :
- Cari tahu informasi tentang perusahaan
- Pelajari bidang yang akan dilamar
- Cari kosakata yang relevan untuk dapat mendeskripsikan diri
- Pahami bahwa memang kita adalah orang yang tepat untuk bidang yang akan dilamar
Setelah melakukan 2 tahapan diatas, saatnya menuliskan CV kalian... yay!
Untuk penulisan CV, format yang disarankan untuk ditulis ialah :
- Info diri kalian, berupa : Nama, Alamat, No. HP dan email. Kenapa saya hanya mencantumkan ini saja ? karena kita takut ada unsur subjektivitas jika mencantumkan foto, status, agama, tinggi badan oleh rekruiter itu sendiri.
- Latar Belakang Pendidikan (cukup 2 pendidikan terakhirnya saja)
- Pengalaman Professional (Magang/Kerja)
- Pencapaian yang relevan
- Skills anda, dengan catatan : Hindari persentase/bintang, lebih baik gunakan pihak ketiga untuk menjamin kualitas kita.
- Referensi dari orang lain atas pengakuan skill kita (opsional)
Hal yang sebaiknya dihindari dalam membuat CV :
- Mencantumkan Curriculum Vitae anda sebagai judul
- Mencantumkan data pribadi seperti agama, gender, suku, berat badan, tinggi badan, status pernikahan (menghindari subjektivitas)
- Menggunakan lebih dari satu bahasa (Tidak konsisten dalam penulisan di CV)
- Mencantumkan penilaian yang subjektif terhadap keahlian yang dimiliki (Penilaian pribadi)
- Membuat CV yang berwarna-warni (Untuk menghindari tidak bisa membaca jika warnanya menutupi tulisan)
- Menggunakan akronim yang tidak lazim
- Mencantumkan seluruh riwayat pendidikan
- Jangan cantumkan foto, kecuali secara spesifik diminta
- Menuliskan posisi/jabatan, tanpa menjelaskan capaian saat memegang posisi tersebut. Penulisan yang baik meliputi kerja dibagian apa serta output dari kerja tersebut.
- Tidak menjelaskan gap/celah yang ada pada CV
- Kesalahan grammar, verb dan pengejaan yang signifikan membuat penilaian terhadap orang lain tidak professional.
- CV terlalu panjang, sehingga membuat rekruiter bingung.
- Mencantumkan personal statement di dalam CV
- Mencantumkan skills tanpa justifikasi dari pihak lain
Untuk menjamin mutu kualitas CV kalian, pastikan CV kalian itu :
1. Dijamin keasliannya tanpa ada berbohong
2. Diberi penilaian oleh orang lain terlebih dahulu supaya ada yang menilai kelebihan dan kekurangan CV kita.
3. Hindari error dalam penulisan kata.
4. Jika memungkinkan, CV ada unsur kuantitatif yang bisa diukur baik itu skill kita/pencapaian kita dengan pertimbangan justifikasi dari pihak ketiga/dokumen yang terbukti.
5. Buatlah per poin, bukan sebuah paragraf panjang
6. Konsistensi penulisan
7. Lampirkan Personal statement / Letter of Interest
Bagaimana teman teman ? Sudah paham kan membuat CV yang baik ? Semoga teman teman dapat tercapai tujuan teman teman baik itu kerja maupun beasiswa. Terima kasih sudah datang dan sampai jumpa di postingan berikutnya..
Komentar
Posting Komentar